Eksotisme Pasir Putih Teluk Hijau (Green Bay) Banyuwangi

Tak hanya dikenal dengan Pantai Plengkung, Banyuwangi juga dikenal penduduk luas dengan Teluk Hijau atau juga sering disebut Green Bay. Meski namanya tak sepopuler Rajegwesi atau Sukamade, namun Teluk Hijau (Green Bay) ini memiliki magnet tersendiri dengan pesona pasir putih nan lembut, air terjun setinggi 8 meter serta pemandangan karang yg cantik.

Teluk Hijau (Green Bay) Banyuwangi

Teluk Hijau sendiri adalah obyek wisata pantai yg terletak dalam areal Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi. Lokasinya berjarak sekitar 0 km dari Kota Banyuwangi. Dinamai demikian dikarenakan air lautnya yg cenderung berwarna hijau.

jalan dari Banyuwangi

Dari Kota Banyuwangi menuju ke tujuan selatan melewati Kabat, Rogojampi, Srono, Cluring, sampai tiba di simpang empat Desa Jajag, setelah itu belok kiri. setelah itu akan tiba di suatu simpang empat serta mengambil tujuan serong kiri melewati Desa Sambirejo serta Desa Seneporejo setelah itu tembus di Pasar Kesilir.

selepas itu memilih mengambil tujuan kiri melewati Buk Putih sampai tiba di simpang empat Siliragung, atau mengambil tujuan terus melewati Desa Sukorejo serta Desa Kesilir serta tiba juga di simpang empat Siliragung. Dari simpang Siliragung dapat mengambil tujuan serong kiri melewati Kantor Camat Siliragung, Polsek Siliragung.

Lalu tiba di simpang empat serta ambil tujuan lurus melewati Jembatan Siliragung-Sumbermulyo serta Jalan Ahmad Kusnan serta tiba di simpang empat Pasar Sanggar, tiba di Persimpangan Penyu dapat langsung belok kanan tanpa melewati Pasar Sanggar, melewati jalur ini akan bertemu di satu titik (Kantor Desa Sumbermulyo) dengan yg dari tujuan Pasar Sanggar.

Dari Kantor Desa Sumbermulyo belok kiri menuju Desa Sumberagung. selepas itu kamu tiba di Persimpangan Pancer, ambil tujuan lurus melewati jalur Gunung Gamping serta Perkebunan Sungailembu. Dari sini kondisi jalan masih bagus sampai tiba di makam Sungailembu dimana sebelumnya kamu belok kiri di Persimpangan Pabrik. Dari makam jalan lurus sampai tiba di Persimpangan Kandangan.

Dari sana, kamu dapat mengambil tujuan kiri melewati pemukiman masyarakat di Desa Kandangan serta jembatan kayu Kandangan-Sarongan atau mengambil tujuan lurus melewati Afdeling Sumberbopong Sungailembu serta Perkebunan Sumberjambe. Kedua jalur ini akan mengarah ke Terminal/Pasar Sarongan.

Dari Pasar menuju ke tujuan selatan melewati Gereja Pantekosta, Kantor Desa Sarongan, Dusun Besaran, Dusun Bayuran serta Dusun Rajegwesi serta tiba di pos Inspeksi serta tiket. Dari pos silakan mengambil tujuan serong kiri (melewati Pantai Rajegwesi lalu belok kanan). Dari sini perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki mendaki jalur sepanjang 1 km di bukit kecil di tiba di Pantai Batu. Dari Pantai Batu, Teluk Hijau hanya berjarak sekitar 300 meter.